gBM1WdTaBcBdGGfGh1zXee4sBxQ Perbandingan Kuadran Trrigonometri | Deden's Arpega

Perbandingan Kuadran Trrigonometri

keluhan yang sama sering keluar dari mulut murid saat membuka lembar - lembar buku matematika bab trigonometri. mereka merasa terlalu banyak yang harus diingat. harus tau dulu sudutnya di kuadran berapa, tandanya negatif apa positif, nilai perbandingan sudutnya berapa? lalu keluarlah komentar lain :
ah gak suka ah ama trigonometri...pokoknya gak suka...!



untuk siswa yang mudah ciut kadang komentar sejenis gak bisa dihindari. Belum lagi disaat yang sama fisika mau ulangan, tugas bahasa Indonesia belum selesai, boro-boro ada mood belajar trigonometri. liatnya aja udah mumet.

ya sih emang di buku cetak matematika seringkali perbandingan nilai trigonometri rumus-rumusnya ditulis berjejer dan tampak banyak. sebenarnya gampang loh cukup memahami diagram di atas tadi dan ingat nilai - nilai perbandingan trigonomentri sudut-sudut istimewa lancip, beres deh.

penjelasan gambar :

KUADRAN I : kuadran ini  untuk besar sudut 0 - 90, pada kuadran ini semua nilai (sin,cos,tan) positif, besar sudut bisa ditulis \alpha maupun (90 - \alpha)

KUADRAN II : kuadran ini untuk besar sudut 90 - 180, pada kuadran ini nilai yang (+) adalah SIN (tentu saja pada akhirnya cosec juga), selain yang disebutkan bernilai sebaliknya, besar sudut bisa ditulis (90 + \alpha) maupun (180 - \alpha)

KUADRAN III : kuadran ini untuk besar sudut 180 - 270, pada kuadran ini nilai yang (+) adalah TAN (dan pasti untuk cot juga), selain yang disebutkan bernilai sebaliknya, besar sudut bisa ditulis (180 + \alpha) maupun (270 + \alpha)

KUADRAN IV : kuadran ini untuk besar sudut 270 - 360, pada kuadran ini nilai yang (+) adalah COS (tentu saja pastinya sec juga), selain yang disebutkan bernilai sebaliknya, besar sudut bisa ditulis (270 + \alpha) maupun (360 - \alpha)

contoh : tentukan nilai cos 240!

menggunakan perbandingan (180 + \alpha)
menggunakan perbandingan (270 - \alpha)
nah bermodal memahami diagram di atas serta mengingat besaran - besaran nilai perbandingan sudut - sudut istimewa lancip, akan menjadi mudah mencari nilai - nilai  sudut di kuadran lainnya. tanpa harus terbebani untuk mengingat banyak rumus.
selamat berlatih sendiri... *_*
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Perbandingan Kuadran Trrigonometri. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://deden-arpega.blogspot.com/2015/02/perbandingan-kuadran-trrigonometri.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -

Belum ada komentar untuk "Perbandingan Kuadran Trrigonometri"